Filosofi “A”

A1

A1

“A”  Sebagai Huruf

Saya paling suka sekali dengan karakter huruf ini. Siapa yang tidak kenal huruf ini, anak kecilpun tau dengan huruf yang satu ini.Karena letaknya berada di awal huruf-huruf alfabet, huruf yang paling sering muncul dalam suatu kata atau kalimat dari pada huruf vokal lainnya.

Karena keistimewaannya ini sempat terbersit dalam pikiran, apakah ada filosofi tentang huruf A ini? Setelah melakukan penelusuran, pengamatan yang melibatkan otak dan perasaan akhirnya bisa juga menemukan filosofi dari huruf A ini. Walau sebenarnya terkesan sedikit memaksakan. Dalam pikiran dan perasaan yang sangat mendalam kita dapat menyimak keistimewaan huruf A ini.

Huruf A adalah huruf pertama dalam deretan huruf-huruf alfabet yunani yang berarti dia merupakan punggawa dari huruf-huruf alfabet, itu yang pertama.

Kedua di dunia ini huruf A banyak dijadikan sebagai huruf pertama dari nama orang-orang besar contohnya Ahmad (= Muhammad saw) Albert Einstein, dsb. Selain itu dalam urutan absen huruf A selalu menempati urutan pertama.

Ketiga dalam agama islam dan nasrani pasti sudah akrab dengan nama ALLAH. Dia adalah tuhan sekalian alam, yang menciptakan alam semesta dari suatu ketiadaan menjadi suatu yang ada dan juga yang Maha dari segala sesuatu yang ada karena Dialah sang pencipta.

Keempat huruf A adalah huruf yang mudah diingat dan ditulis karena banyaknya kata yang menggunakannya. HAnya dari empat keistimeaan ini saja kita sudah dapat menyimpulkan betapa hebatnya huruf A ini. Dia adalah pemimpin dari semua huruf alfabet yang ada, paling banyak digunakan dalam kata , dan paling mudah dihafalkan.

Selain itu Orang yang memiliki nama dengan awal huruf A diharapkan dapat menjadi seorang pemimpin sejati, suri tauladan bagi orang lain, dan juga dapat berinteraksi dengan masyarakat luas dengan baik tanpa membedakan satu dengan yang lain. Sekiranya itulah hasil dari pemikiran dan perasaan yang mendalam yang mengilhami tulisan ini. Semoga menjadi renungan bagi anda yang memiliki nama dengan huruf awal A.

“A” Sebagai Simbol

Huruf A juga banyak di gunakan oleh kelompok-kelompok tertertentu untuk dijadikan simbol, seperti Anarki dan rokok A-mild milik PT.HM SAMPOERNA.

A2

A2

Simbol A-dalam lingkaran sampai saat ini sudah bisa dipastikan dijadikan sebagai simbol anarki. Ini adalah sebuah monogram yang terdiri dari sebuah huruf kapital “A” yang dikelilingi oleh huruf kapital “O”. Huruf “A” diambil dari huruf awal dari “anarki” atau “anarkisme” dalam banyak bahasa-bahasa Eropa demikian juga kesamaan tulisan baik Latin maupun Cyrillic. Huruf “O” berarti Order. Bila digabungkan menjadi “Anarchy is Order” yang merupakan kutipan perkataan Proudhon (Demanding the Impossible hal. 55).

Tercatat, penggunaan pertama kali simbol A dalam lingkaran oleh anarkis adalah oleh Dewan Federal Spanyol International Workingmen’s Association. Lambang ini dibuat oleh freemason, Giuseppe Fanelli pada tahun 1868. Kemudian simbol ini digunakan pada saat terjadinya Perang Saudara Spanyol, (1936-1939). Terdapat gambar foto salah seorang anggota milisi anarkis dengan simbol A-dalam lingkaran dicat dengan jelas dibelakang helmnya. Simbol tersebut juga diadopsi oleh sebuah organisasi bernama Alliance Ouvrière Anarchiste (AOA) pada saat berdirinya organisasi ini pada tanggal 25 November 1956 di Brussels, dan telah dimunculkan secara independen kembali pada tahun 1964 oleh grup Anarkis Perancis, Jeunesse Libertaire (Libertarian Youth).

Hampir kebanyakan orang kini mengenal pergerakan Anarki dengan simbol ini. Kata Anarki atau Anarkisme di hampir seluruh bahasa dimulai dengan huruf “A”, hal ini membuat simbol itu dapat diterima disemua negara. Lingkaran tersebut melambangkan persatuan. Dalam hal disatukannya lingkaran dengan huruf “A”, lingkaran tersebut melambangkan kekuatan. Banyak grup-grup Anarkis, walaupun mereka terpisah secara geografis dan berbeda pandangan pada Anarkisme, saling membantu dengan hasrat solidaritasnya yang tinggi.

Huruf “A” juga mempunyai makna simbolis sama dengan bahasa Italia: autogestione (arti harfiahnya kontrol-diri), yang juga dapat diartikan sebagai kekuatan diri. Pergerakan ini mengambil dari pergerakan radikal para pekerja pabrik yang mengambil alih pabriknya, dan menjalankan pabrik itu secara demokratis, tanpa bos. Pergerakan Anarki juga sering dihubungkan dengan persatuan dari para pekerja buruh.

Simbol ini juga dapat ditulis dengan kodepoin Unicode U+24B6.

Tentu saja, simbol A-dalam lingkaran ini juga digunakan sejak lama oleh gerakan anarko-punk, yang merupakan bagian dari gerakan punk-rock pada akhir tahun 1970-an, gerakan punk menggunakan simbol anarki A-dalam lingkaran lebih meluas, bahkan oleh kelompok punk non-anarkis.

*Dari berbagai sumber

*Untukreferensi foto silahkan double klik pada image


Salam,

nur Alam mn / 260909

Silahkan tinggalkan komentarnya... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s