Road to Singapore (2); Marina Bay, Little India, Bencoolen St

Merlion Statue

Bus mengantar kami menelusuri jalan Singapura yang di pagari oleh gedung-gedung tinggi menjulang. saya memperhatikan dengan lahan yang sempit mereka membangun semua kantor, Hotel, dan perumahan secara vertikal. semua tertata dengan rapih dan sepertinya semuanya memang sudah di rencanakan dengan matang dan terintegrasi dengan baik antara satu bagunan dengan bagunan yang lain.

Setelah melewati pemeriksaan imigrasi di Harbourfront, saya segera bergegas menemui Tour guide kami yang sudah Standby di Singapura ini. Perjanjiannya kita semua akan bertemu di depan money changer dekat pintu keluar sebelah kiri Harbourfront.

Kami bertemu Agak telat dikit karena ada miss communication, travel yang di batam mengatakan bahwa yang akan menjemput saya bernama Yanto sedangkan guide yang di Singapura menunggu saya dan beberapa yang dia kira bernama Yanto heheh.. padahal “Yanto” ini adalah nama grup untuk rombongan saya (intinya tidak ada sama sekali yang bernama Yanto).

Sebelumnya saya di anjurkan untuk melakukan Check-in dulu di perusahaan ferry Batam Fast untuk balik ke batam malam nanti. disana saya membayar pajak sebesar SG$5 (kalo nggak salah).

Setelah semua beres saya dan rombongan lain memulai perjalanan menggunakan Sebuah bus yang tidak terlalu besar yang berkapasitas menampung kira2 25 – 30 penumpang.

Bus mengantar kami menelusuri jalan singapura yang di pagari oleh gedung-gedung tinggi menjulang. saya memperhatikan dengan lahan yang sempit mereka membangun semua kantor, Hotel, dan perumahan secara vertikal. semua tertata dengan rapih dan sepertinya semuanya memang sudah di rencanakan dengan matang dan terintegrasi dengan baik antara satu bagunan dengan bagunan yang lain.

Sampailah bus di tujuan pertama kami hari itu. Terlihat banyak orang yang juga sedang mengunjungi tempat ini. Marina Bay, sungai yang membentang panjang di isi dengan Hippo River taxi melayani penumpang yang ingin menikmati indahnya singapura dari sungainya yang juga indah. Di daerah Marina bay ini terdapat Merlion Park.

Merlion Park adalah tempat Patung merlion yang merupakan landmark dan icon Negara ini berdiri.Tempat ini adalah yang wajib di kunjungi kalau orang ke Singapura untuk sekedar menyaksikan keindahan, nongkrong di bawah jembatan merlion park sambil menikmati makanan yang di jual disana atau hanya sekedar untuk berfoto (Kalau saya memang hanya untuk Berfoto2 aja) dan mungkin karena beruntung atau memang udaranya bersih langit singapura sangat bersih sehingga setiap foto yang saya take selalu mendapatkan langit yang indah sesuai dengan harapan.

Mendengar cerita dari guide yang mengantar kami, nama Merlion diambil dari paduan Mermaid dan Lion (Ikan duyun dan Singa). Icon Singapura punya cerita legenda tersendiri bagi penduduk Singapura. Sang Nila Utama, pangeran dari Sumatera sedang mencari tempat baru untuk dibangun. Dia pun mendarat di Tumasek (nama sebelum Singapura), lalu melihat seekor binatang yang disebut sebagai singa. Sejak itu, Sang Pangeran pun kemudian menamakan tempat itu Singapura dan membangun kota di sana.

Dari tempat ini selain Merlion statue, pemandangan yang bisa di jadikan background untuk berfoto adalah Fullerton Hotel, gedung-gedung CDB, dan Esplanade theatre. Gedung ini meyerupai buah duren yang agak sedikit gepeng dan di belah menjadi dua. katanya sih inspirasi sang arsitek yang membuat Esplanade ini memang mau membuat theatre yang atapnya mirip durian.

sayangnya kami tidak bisa terlalu berlama-lama di daerah marina bay ini karena saat itu adalah hari kemerdekaan Singapura dan sebagian Jalan akan di tutup karena ada banyak sekali atraksi yang akan di gelar, salah satu jalan yang akan di tutup adalah kawasan ini. sehingga kami pun harus bergerak. Benar, belum jauh bis kami meninggalkan merlion park terlihat petugas menutupi jalan dengan pagar jalan.

Bus bergerak terus menusuri singapura kali ini yang di tuju adalah Little India. Disini kami tidak di jadwalkan untuk turun dari bus. Aroma wewangian khas tercium oleh hidung, bagunan, orang2 etnis india yang lalu lalang maupun yang terlihat sedang menjaga toko-toko mereka membuat saya benar-benar berada di india (saya pernah lihat india di TV dan Internet makanya tau :P). seluruh penjuru Little India bisa di jadikan Spot menarik untuk di foto.

Setelah mengelilingi perut sudah mulai terasa lapar dan memang setelah melewati kawasan Litlle India, di jadwalkan untuk beristirahat makan siang di restoran Lemon 3 Thai, Restoran Thailand yang mempunyai conecting door dengan Summer View Hotel yang terletak persis di depan Hotel Ibis Singapore on Bencoolen. makanan yang saya santap disana adalah sup TomYum, saya belum pernah makan tomyum jadi tidak bisa berkomentar tentang rasanya tomyum di Indonesia ataupun di Singapura. yang saya tau Tomyum rasanya kecut.

Restoran ini walaupun kecil tapi ramai pengunjung makanyan khas yang di sajikan disana tentunya masakan Thai. walaupun ini adalah restauran Thai namun seluruh karyawan yang saya lihat disana adalah orang india. Ya saya tidak kaget kalau di jayapura yang bikin masakan Thai seperti sup TomYum kebanyakan orang bugis heheh….

Saya makan dulu yah nanti ceritanya di sambung lagi…

Notes : Beberapa foto yang saya take di Merlion Park bisa dilihat disini

Salam,

Alan Mn

2 responses to “Road to Singapore (2); Marina Bay, Little India, Bencoolen St

Silahkan tinggalkan komentarnya... :)

