Batam : Jualan Hp seperti kacang di emper toko

Ini tidak sengaja saya temukan di daerah Nagoya. para pedagang HP kaki lima (terpaksa saya sebut begitu karena saya tidak bisa mendieskripsikannya dengan bahasa lain) menjajakan berbagai merek HP -katanya- buatan cina dan di pasok dari singapura.

Pedagang HP kaki lima

Pedagang HP kaki lima

Seperti yang saya bilang “Tidak Sengaja”, pagi-pagi sebelum pergi ke Batam Center saya bermaksud untuk mencari sarapan. saat keluar dari Hotel saya langsung di samperin sekitar 3 orang supir taxi. mereka menawarkan Taxi mereka untuk saya pakai (dengan aksen melayu yang sangat kental). saya pilih ojeg saja untuk di antarkan ke Pasar Pagi. Saya tau yang namanya pasar pagi pasti banyak sekali di jual sarapan untuk sekedar mengganjal perut.

Saya minta ke Abang Ojeg untuk di antarkan ke pasar pagi terdekat (dengan Hotel saya menginap tentunya) dengan tarif yang di sepakati Rp.5000 tidak sampai 10 menit saya sampai di sana.

Alangkah terkejutnya saat melihat yang ada di pasar pagi banyak sekali pedagang kaki lima yang menjual Hand Phone di emperan toko bahkan sampai di badan jalan. tepatnya di depan Batam Mall lebih dekat lagi depan Hotel Wins (silahkan nanti cek sendiri :P).

Harga yang di tawarkan relatif sangat murah, kalau pintar nawar bisa dapat lebih murah. Tapi mereka jarang sekali menurunkan harga jau di bawah penawaran pertama mereka. tentunya karena penawaran petamanya sudah murah. contohnya Nokia N71 di jual Rp.500 ribu kalau di tawar mentoknya Rp.450.000 mau di tawar lagi sampai “tewas” gak bakalan di kasih sama mereka.

Harga yang di tawarkan mereka jauh lebih murah dari pada yang di jual di Mall seperti Lucky Plaza yang terkenal dengan Hp super murahnya, jarak antara pedagang Hp kaki lima pun tidak terlalu jauh dari Lucky Plaza tadi kalau naik ojek nggak sampai 5 menit.

Ironisnya ternyata nggak semua orang Batam tau tempat Hp kaki lima yang super murah ini. Ini saya ketahui sewaktu balik ke Hotel, pas ngobrol dengan Reception Hotel mereka nggak percaya dengan Harga Hp Nokia N71 yang baru saja saya beli Rp.450 ribu. bahkan mereka pada nggak tau tempat jualannya. waduh ternyata orang Jayapura lebih beruntung saat itu😀

Jualan Hp di emper toko

Jualan Hp di emper toko

Kalau di Jayapura yang di jual seperti ini yah pakaian, pinang, kladi, sagu, bete. Tapi yang saya temuin di Batam malah HP. Sedikit lagi mereka jualan mobil sedan eks-Singapura di emper toko hehehe… Salut buat Orang Batam..

Salam,

Alan Mn 25/08/2010

3 responses to “Batam : Jualan Hp seperti kacang di emper toko

  1. Sampai sekarang pun masih seperti itu, smartphone dijual diatas tikar.
    Yang anda ramalkan tentang jualan mobil di emperan memang benar terjadi. Banyak mobil dipajang di pinggir jalan dengan ditempel no hp penjualnya.

Silahkan tinggalkan komentarnya... :)

