Demi Pariwisata Papua, Foto di pakai tanpa ijin harus kah saya marah? atau senang?

Kegemaran saya pada fotografi berawal dari kecintaan saya terhadap alam papua yang begitu indah dan harus di abadikan ke dalam foto.

Alam papua yang indah tadi merupakan potensi yang sangat baik untuk perkembangan pariwisata. saya suka memotret dan memamerkan ny amelalui beberapa web blog punya saya. idenya sederhana hanya ingin menumbuhkan keinginan bepergian orang-orang yang belum pernah ke papua untuk datang dan menikmati indahnya alam papua.

ternyata tidak cuma saya yang interest untuk mempromosikan Papua melalui internet banyak sekali web blog atu situs instansi tertentu yang menginformasikan hal yang sama. Bedanya saya dengan beberapa situs itu adalah foto yang saya tampilkan merupakan hasil jepretan saya sendiri sedangkan mereka mengambil foto orang lain dan di tampilkan di situs mereka.

Dalam bersosialisasi, kita di dunia nyata di haruskan menjaga etika agar kita tidak bersinggungan dengan orang lain namun apakah etika itu hanya di gunakan di dunia nyata saja, tidak untuk dunia maya? saya pikir tidak. Di dunia maya pun saya rasa kita harus beretika ketika kita ingin menggunakan hasil karya orang lain.

Terus terang hal ini terjadi pada diri saya. beberapa foto jepretan saya dipakai oleh beberapa blog pribadi dan web instansi bahkan ada juga dari situs media.

memang informasi yang di sampaikan adalah baik adanya karena mengangkat pariwisata papua tetapi sayangnya mereka tidak menginformasikan sumber foto yang mereka gunakan seolah-olah foto itu ada begitu saja di internet.

Memang kalau mereka menemukan foto-foto itu dari mesin pencari semisal paman Google disana akan ada peringatan “Gambar Kemungkinan Dilindungi Oleh Hak Cipta” atau semacamnya tetapi alangkah baiknya harus juga dipikirkan etika setidaknya saat memotret seseorang mempunyai effort atau usaha-usaha tertentu dalam mengambil sebuah gambar di daerah yang mungkin juga menggeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Haruskah saya marah karena foto saya digunakan tanpa ijin? Ataukah harus senang karena informasi yang digunakan adalah untuk kepentingan Pariwisata papua?

==================

dan dipakai oleh beberapa web

Web Adicita

Foto saya yang lain :

di pakai oleh beberapa web news :

foto di atas digunakan tanpa ijin dari banyak sekali web blog tapi saya hanya mencontohkan 2 saja. ini juga ada 1 lagi foto yang di gunakan

Semua foto pada web dan punya saya mempunyai kemiripan 100%. semoga kita semua bisa saling menghargai hak atas kekayaan intelektual seseorang sehingga kita lebih bijak sebelum mengambil foto orang.

Saya secara pribadi tidak masalah kalau foto di gunakan untuk pendukung informasi namun sebaiknya informasi foto juga di sertakan. Terima kasih

Salam,

Nur Alam Mn / 081010

6 responses to “Demi Pariwisata Papua, Foto di pakai tanpa ijin harus kah saya marah? atau senang?

  1. saya setuju dengan bung nur dan gerd…, karena karya2 fotografi adalah karya cipta yang tidak terlepas dari kekayaan intelektual masing2 pribadi. apalagi sampai digunakan tanpa ijin dan parahnya ada yang mengaku foto tersebut karyanya padalah karya orang lain… Karena foto ini dipakai untuk memberikan informasi kepada publik etika jurnalistik harus tetap dipegang dan dipakai dengan jalan memohon ijin dan mencantumkan sumber karya2 tersebut. Semoga bisa menjadi pelajaran buat yang lain agar di lain etika ini dipakai.

  2. alangkah beretika & bijaksananya bila mempublikasikan atau memanfaatkan suatu hasil karya seni dgn seizin empunya…

    semoga hal ini dpt dijadikan pelajaran bagi kita semua & diingatkan bagi yg lupa.

    salam,

  3. Beh.. Betul2.. Dong tra tau malu skali..
    Bagaimana klo hasil karya teman2 hak ciptax langsung di lindungi oleh “LOOR” jadi klo ada kejadian begini kita bisa minta pertanggung jawabkan.
    Jadi hasil karya teman2 di papua bisa di hormati oleh orang2 yg tdk bertanggung jawab..

Silahkan tinggalkan komentarnya... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s