Saya dan Pariwisata Papua

Pelatihan pengelolaan ODTW di Hotel Matoa Jayapura, Photo : Gerd Maury

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Papua terus berupaya untuk mengembangkan obyek daya tarik wisata (ODTW) yang tersebar diseluruh Papua. Salah satu upaya nyata yang dilakukan adalah dengan mengadakan pelatihan bagi pengelola ODTW Alam, di Hotel Matoa Jayapura beberapa waktu lalu.

Tujuan utama diadakan kegiatan ini adalah untuk membantu para pengelola ODTW skala menengah ke bawah, untuk meningkatkan pengetahuannya dalam memproduksi dan diversifikasi produk serta Manajemen pengelolaannya.

Dengan adanya upaya ini, para pengelola mampu menjadikan lahan yang merupakan hak ulayat mereka menjadi obyek dan daya tarik wisatanya yang mampu menarik para pelancong. Dan pada akhirnya ikut mendongkrak kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Saya sendiri di berikan kesempatan oleh Disparbud untuk membawakan 2 materi pelahtihan yakni tentang Ekowisata dan Manajemen Pengelolaan ODTW. Senang rasanya bisa menjadi bagian dari pembangunan Pariwisata di tanah papua melalui mengembangan SDM.

Walaupun papua sudah menyediakan berbagai potensi wisata karena alam yang begitu indah dan keunikan seni budayanya, serta keramah tamahan penduduk lokal menjadi peluang besar untuk di kembangkan, namun hal tersebut akan selalu menjadi potensi [saja] kalau tidak di kelola oleh SDM yang handal.

Saya sangat berharap kegiatan seperti ini lebih sering di lakukan karena Keberasilan pembangunan pariwisata sangat tergantung dari sumber daya manusia, terutama pengelola ODTW mempunyai peranan sangat vital, untuk ikut membantu pemerintah dalam meningkatkan kunjungan wisata ke Papua. Maju terus pariwisata Papua[]

Salam,

Nur Alam Mn / 21/10/2010

Silahkan tinggalkan komentarnya... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s