Cycloops selalu menyapa

Sungguh indah panorama danau sentani dari atas sini, hijau mempesona, benar2 raksasa yang masih tidur. Itulah beberapa kalimat yang sering di keluarkan mereka yang baru pertama kali menginjakan kaki di bumi Cenderawasih Papua.

Kalimat sederhana namun selalu menjadi kebanggaan kami karena mereka benar2 merasakan sesuatu yang “berbeda” di banding tempat lain yang pernah di kunjungi.

Apabila anda baru pertama kali akan menginjakan kaki di Jayapura (via udara) tentunya anda mendarat di Bandara sentani.

Keindahan Danau Sentani akan menemani perjalanan anda menuju Kota Abepura dan Jayapura.

Namun yang pasti kedatangan anda akan di sambut oleh Senyuman hangat Gunung Cycloop yang berhadapan persis dengan Bandara Sentani.

Gunung penuh misteri yang selalu diselimuti kabut pada puncaknya menambah keindahan dan keramahan dalam menerima kedatangan kita semua.

Sejarah Cycloops

Cycloops adalah sebuah nama julukan yang diberikan oleh Orang Portugis yang pertama kali datang dan berdiam di Kampung Ormu (letaknya di sebelah utara Pegunungan Cycloops), Karena gugusan gunung ini menyerupai seorang raksasa yang memisahkan laut dan daratan, seperti benteng, jika kita melihat Cycloops dari arah selatan dan dari arah utara (laut).

Gugusan Gunung yang memiliki tujuh puncak ini memberikan kita kesan “kekuatan” yang memagari daratan dan lautan. Karena menurut mereka Dafonsoro ini menyerupai Raksasa mata satu (Cerita Orang Yunani) yang diberi nama Cycloops karena matanya yang hanya satu dan terletak di tengah-tengah, seperti juga Pegunungan Dafonsoro/Dobonsolo/Deponsero yang memiliki satu air terjun besar di lembah Sentani, maka julukan Cycloops ini diberikan pada Pegunungan ini dan menjadi populer sampai sekarang. (Dari berbagai sumber)

Salam…

Posted with WordPress for BlackBerry.

One response to “Cycloops selalu menyapa

  1. Pingback: Doyo Lama, Keindahan alami di “belakang rumah” | Nur Alam MN·

Silahkan tinggalkan komentarnya... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s