Pasar Lesehan di Jayapura

Pasar tradisional yang terletak di Jantung kota jayapura ini merupakan tempat favorit warga untuk berbelanja diwaktu sore hingga malam hari.

Lapak dari pedagang yang ada di pasar ini tidak ada yang menggunakan kios ataupun sekedar meja untuk menjajakan dagangan mereka semuanya lesehan, terkesan tiba masa tiba akal. Maklum karena areal ini di pagi hari hingga sore merupakan areal parkir.

Mereka berjualan persis di depan pasar Swalayan waralaba Gelael (letaknya sama dengan sudut pandang foto ini saya ambil) yang juga menjual sayuran, bahan pokok,dan kebutuhan dapur lainnya yang tentunya berbeda kemasan dan harga yang terkadang lebih murah bahkan kalau mau jujur lebih higienis.
Pernah saya membaca satu buku punyanya Renald Kasali, Phd. Berjudul Re-Code DNA ada yang membahas masalah “Pasar Becek vs Pasar Swalayan” membahas tentang bagaimana Pasar becek (tradisional) di indonesia akan tergusur oleh kehadiran Pasar swalayan yang menawarkan barang yang sama namun jauh lebih murah dan lebih bersih. Namun sepertinya hal ini tidak berpengaruh untuk Pasar tradisional yang di apit oleh 3 Jalan di jayapura ini yakni Jl.Percetakan Negara, Jl.Irian dan Jl.Halmahera.

Seberapa besar pengaruhnya saya memang tidak mempunyai data khusus atau telah melakukan penilitian untuk itu. Namun dalam pengamatan saya sehari-hari dan hasil diskusi ringan dengan teman-teman dekat bahwa pasar yang seluruh pedagangnya merupakan Mama-mama (ibu-ibu) asli papua ini lebih diminati konsumen dari pada pasar swalayan Gelael dan Fresh Mart yang katanya lebih fresh. Ternyata masyarakat lebih memilih sayur yang di jual lesehan dari pada yang ada di dalam lemari kaca pendingin.

So pasar tradisional yang lesehan dan becek Never Die? Kita lihat saja.

Salam,

Nur Alam MN

Pasar tradisional pada malam hari. Foto menggunakan BlackBerry 9800 oleh Nur Alam MN

Pasar tradisional pada malam hari. Foto menggunakan BlackBerry 9800 oleh Nur Alam MN

Posted with WordPress for BlackBerry.

Silahkan tinggalkan komentarnya... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s