Festival Teluk Jailolo 2011 [Perjalanan Singkat penuh makna]

Umbul-umbul FTJ Photo by : Nur Alam MN

Beberapa saat lalu saya berkesempatan mengunjungi Kabupaten Jailolo di Halmahera barat di Maluku utara bersama dua orang teman dari Jayapura. Untuk Ke maluku utara ini merupakan kunjungan ke 2 saya Ipank dan Reza, namun yang pertama kali untuk Kabupaten Jailolo. Kunjungan ini bertepatan dengan perhelatan event tahunan yaitu Festival Teluk Jailolo yang pada tahun 2011 ini merupakan yang ketiga kalinya setelah diadakan pada tahun 2009 dan 2010.

Pasukan Cakalele

Kegiatan tahunan yang mengambil tema ‘Challenge Your Passion’ ini diselenggarakan untuk mengembangkan potensi HalBar yang kaya akan keunikan flora & fauna, keanekaragaman budaya yang masih kental, hingga pesona keindahan alam liar yang jarang tersentuh.

Gunung Jailolo. Photo by : Nur Alam MN

Secara geografis Jailolo berada antara 1° Sampai 3° Lintang Utara 125° sampai 128° Bujur Timur.
Berbatasan dengan Sebelah Utara :Kecamatan Sahu Timur, Sebelah Selatan :Kecamatan Jailolo Selatan. Sebelah Timur Laut Maluku, Sebelah Barat Kecamatan Jailolo Timur.

Kabupaten Halmahera Barat berada di pulau Halmahera yang terletak diantara 1° – 3° Lintang Utara dan 125° – 128° Bujur Timur, berbatasan dengan: Kabupaten Halmahera Utara (Utara), Kota Tidore Kepulauan (Selatan), Halmahera Selatan dan Halmahera Timur (Timur), Laut Maluku dan Kota Ternate (Barat).

Luas wilayah Kabupaten Halmahera Barat terdiri dari 11.623,42 Km2 wilayah laut dan 22.346 Km2 darat. Jumlah pulau kecil di Halmahera Barat sebanyak 123 pulau, dengan rincian 2 pulau berpenghuni dan 121 pulau tanpa penghuni.

arian Adat Jailolo. Photo by : Nur Alam MN

Sebelum ke Jailolo saya sempat di tawari paket perjalanan oleh Event Organiser yang telah merancang paket perjalanan untuk para Traveller, Photographer, dan Diver yang ingin mengeksplor keindahan alam Jailolo saat perhelatan ini di langsungkan. namun dengan berbagai pertimbangan yang ada, kami bertiga memilih untuk Jalan sendiri tanpa tour guide yang akan mengantar kami kemana saja di jailolo. tentunya pertimbangan biaya yang bisa dibilang Besar untuk kantong saya ini😀.

Mendung menyapa kedatangan kami bertiga di jailolo pada tepat di hari pembukaan Festival Teluk Jailolo ke-3 ini. Mendung tak berarti hujan begitulah yang berulang2 saya katakan kepada teman2 yang kelihatannya sedikit ‘kecewa’ dengan cuaca saat itu.

Indah, itulah kesan pertama saya saat tiba disana, sepanjang jalan dari pelabuhan ke tempat Festival sampai di penginapan yang akan kami tinggali berserakan banyak sekali tulang ikan di kiri kanan jalan sepanjang itu. ternyata Perlombaan ‘Gemar Makan Ikan’ baru saja selesai sesaat sebelum saya dan rombongan menginjakan kaki di Bumi Kesultanan Jailolo ini. konon kabarnya banyak yang makan ikan sampai pingsan sangking banyaknya hehehe mudah2an bukan karena tulang yang nyangkut di tenggorokan (garagantang bahasa orang sana).

Kegiatan tahunan yang diadakan Pemkab Halbar ini merupakan bentuk keseriusan pemkab dan masyarakat untuk mengembangkan potensi daerah di ujung Timur Indonesia ini yang kaya akan keanekaragaman budaya, dan keindahan alam serta pesona bawah laut.

Penari Cabaret. Photo By : Nur Alam MN

Acara puncak FTJ 2011 pun diadakan di acara penutupan, Cabaret on The Sea, pertunjukan kabaret budaya dikemas dengan konsep lokal Halmahera Barat yang unik. Terinsipirasi dari keindahan alam Teluk Jailolo, FTJ 2011 menampilkan kolaborasi tari dan musik yang digelar di atas panggung laut dan menjadi ciri khas puncak acara Festival Teluk Jailolo setiap tahun.

Saat memotret di acara Cabaret on the sea ini saya sempat merinding sangking terkagumnya saya dengan kemasan acara yang ada. saya sangat terkesan bahwa kabupaten jailolo meskipun baru namun mereka mampu mengemas acara dengan sangat baik. Salut.

Maskot Cabaret On the Sea FTJ. Photo by : Nur Alam MN

4 responses to “Festival Teluk Jailolo 2011 [Perjalanan Singkat penuh makna]

  1. Wan…hebat salut dgn info ini… ale jauh2 datang dgn hasil yg sangat memuaskan.sya tertarik dgn festival jailolo ini.lain kali klw mw tiba ajak2 e….
    salut bro….

  2. Pingback: Mengetahui sisi lain ruang kehidupan [Pangalaman Penyelam Pemula] « Nur Alam MN·

  3. bagus.. cuma singkat banget info nya.. klo perlu buat cerbung jangan cerpen.. hehehehe..

Silahkan tinggalkan komentarnya... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s