Jembatan Barelang

Barelang Bridge. Photo by : Nur Alam MN

Jembatan Barelang (singkatan dari BAtam, REmpang, dan gaLANG) adalah nama jembatan yang menghubungkan pulau-pulau yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru. Masyarakat setempat menyebutnya “Jembatan Barelang”, namun ada juga yang menyebutnya “Jembatan Habibie”, karena beliau yang memprakarsai pembangunan jembatan itu untuk menfasilitasi ketiga pulau tersebut yang dirancang untuk dikembangkan menjadi wilayah industri di Kepulauan Riau. Ketiga pulau itu sekarang termasuk Provinsi Kepulauan Riau.

dengan jarak sekitar 20 km dari pusat kota, kita sudah dapat melihat rangkaian dari enam jembatan yang kl dihubungkan secara total memiliki panjang mencapai 2 km. Seluruh jembatan ini katanya selesai dibangun tahun 1992, dan memiliki nama yang diambil dari nama raja-raja yang dulunya berkuasa di Melayu-Riau (abad 15-18).

Keenam jembatan tsb antara lain:

1. Jembatan Tengku Fisabilillah: menghubungkan P. Batam dengan P. Tonton dan memiliki lebar tinggi 642 x 350 x 38 meter. Jembatan inilah yang orang2 bilang mirip goldengatenya San Fransisco lantaran cable staynya menjuntai nan megahnya (sayangnya, gw ga berhasil motret dari samping dengan jelas gara2 bisnya ga mau berenti sebelum kita sampe di atas jembatannya ).

2. Jembatan Narasinga: menghubungkan P. Tonton dengan P. Nipah, berbentuk lurus tanpa lengkungan dan memiliki panjang lebar tinggi 420 x 160 x 15 meter

3. Jembatan Ali Haji: menghubungkan P. Nipah dengan P. Setokok dan memiliki panjang lebar tinggi 270 x 45 x 15 meter.

4. Jembatan Sultan Zainal Abidin: menghubungkan P. Setokok dengan P. Rempang dan memiliki panjang lebar tinggi 365 x 145 x 16.5 meter.

5. Jembatan Tuanku Tambusai: menghubungkan P.Rempang dengan P. Galang dan memiliki panjang lebar tinggi 385 x 245 x 31 meter.

6. Jembatan Raja Kecil: menghubungkan P. Galang dengan P. Galang Baru dan memiliki panjang lebar tinggi 180 x 45 x 9.5 meter.

Barelang Inside. Photo by : Nur Alam MN

Kalau kita mencapai jembatan terakhir kita akan mentok di pulau Galang. Yang oleh UNHCR bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia menjadikannya sebagai “Kampung Vietnam” di Pulau Galang yang sejak tahun 1979-1996 pernah dihuni sekira 250.000 orang manusia perahu yang dikumpulkan dari berbagai tempat di sekitar Kepulauan Riau itu.

Sumber : Wiki dan Wika

2 responses to “Jembatan Barelang

  1. Saya memimpikan ketika seluruh pulau di Indonesia bisa disatukan lewat jembatan2 ini, pembangunan pasti bakal merata, ga hanya di pulau jawa saja

Silahkan tinggalkan komentarnya... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s