Mengetahui sisi lain ruang kehidupan [Pangalaman Penyelam Pemula]

Saat anda mengetahui sisi lain dari ruang kehidupan, sisi ruang di di bumi ini, kemudian anda mencoba untuk turun kebawah permukaan air, anda akan memasuki sisi kehidupan yang berbeda, dunia yang begitu indahnya.

Silahkan anda membayangkan berenang di dalam sebuah aquarium raksasa tanpa batas, seakan memandang alam bawah air yang unik dan menakjubkan, dimana tidak semua manusia di bumi ini yang bisa menyaksikan mengalami hal tersebut secara langsung.

Hal ini tentunya merupakan pengalaman nyata yang sudah saya secara pribadi mengalaminya yang membuat saya -alhamdulillah- lebih lengkap menikmati kehidupan di bumi ini.

Penulis. Photo By : Irfan Taufik

Semua ini bermula pada saat penulis bersama kedua orang rekan Irfan Taufik dan Reza ayomi mengunjungi teluk Jailolo di Maluku Utara untuk Hunting Foto yang bertepatan dengan Festival tahunan yang di adakan di kabupaten itu.

Selain banyak Fotografer dari semua kalangan yang mengunjungi Festival Tersebut, Banyak juga dihadiri oleh para Diver dari seluruh indonesia yang ikut memeriahkan festival yang juga ingin memperkenalkan Alam bawah laut mereka yang ternyata tak kalah indah dari tempat lain termasuk Spot diving favorit di segitiga emas para Diver yakni Wakatobi, bunaken dan tentunya Raja Ampat.

Penulis yang mempunyai hobi fotografi berhasrat ingin juga mengabadikan kedalam “Frame” keindahan bawah laut jayapura tempat penulis berdomisili apalagi saat di jailolo beberapa teman fotografer berkali-kali “memamerkan” hasil Fotografi bawah lautnya mereka. Tapi tidak semudah itu untuk motret di bawah sana tentunya harus bisa Menyelam terlebih dahulu.

Sebulan setelah kembalinya kami bertiga dari Jailolo, penulis dan dua orang rekan langsung mencari tau tempat yang bisa melatih kami untuk belajar Diving yang mempunyai Lisensi resmi rentunya karena kami sadar Menyelam walaupun menawarkan kenikmatan tersendiri tetapi juga Keselamatan yang paling utama secara kita akan “bermain” di dunia yang sama sekali bukan dunianya manusia tanpa Tabung oksigen😀.

Kami bertiga dalam perjalanan ke teluk Humbold untuk Dive Perdana

Adalah Lumba-lumba Diving Club Jayapura yang menjawab keinginan kami. Tanpa harus pergi ke Bali, Manado, Atau Jakarta sekalipun ternyata di Kota Jayapura pun Penulis dan Rekan Bisa belajar Diving dengan Lisensi Resmi.

Club Diving ini dibawah lisensi POSSI dan CMAS yang merupakan pemegang lisensi internasional. Spesifikasi yang penulis ambil adalah “Fun Dive” dan tentunya “Photography Under Water” woww… seruuu ..

Dive Master Bpk. Thomas Supoyo yang setia dengan sabar mengajarkan kami semua hal tentang Diving

Pelatihan yang diberikan Oleh Dive Master Thomas Supoyo adalah dasar-dasar menyelam mulai dari berenang di kolam renang mengunakan kaki bebek (Fin), Snorkling, Watertrapping, bisa menahan nafas selama beberapa detik, hingga pelatihan lanjutan seperti membersihkan masker didalam air bila masker kita kemasukan air (Mask Clearing) dan yang paling penting adalah Equalizing supaya bila mendapat tekanan di dalam air gendang telinga kita tidak pecah.

Total pelatihan yang kami ikuti sampai mendapatkan Lisensi One Star Scuba Diving dari POSSI Dan CMAS adalah 2 Hari pelatihan di kolam renang dan 7 kali menyelam di laut lepas bersama Dive Master (Instruktur).

Ada sedikit rasa khawatir saat penulis pertama kali harus menyelam di laut lepas pada kedalaman 6 meter di teluk Humbold Jayapura, namun sebelum turun Dice master kami selalu mengingatkan untuk jangan panik dan jangan panik kalau terjadi apa-apa agar kita bisa tetap berfikir jernih dan tau apa yang harus dilakukan dibawah sana, serta setelah melihat kebesaran Tuhan dengan keindahan yang terhampar di hadapan mata penulis saat itu hanya kalimat “Subahanallah, Allahu Akbar” yang selalu terucap didalam hati sambil memperhatikan bahasa isyarat dari dive master tentunya biar tetap fokus.

Penulis dapat menyentuh ikan secara langsung pada Diving Perdana. Photo by : Thomas Supoyo

Dari penyelaman pertama, kedua dan seterusnya mempunyai sensasi berbeda-beda tiulah yang penulis rasakan. selama kita tidak pernah meninggalkan “body” atau partner kita atau instruktur karena dalam selam ada peraturan “Never Dive Alone” menyelam minimal berdua. Ada rasa kenikmatan yang luar biasa dibawah sana kita dapat menyentuh ikan serta melihat kehidupan di bawah laut yang tidak kalam indah dengan yang ada di daratan.

Irfan taufik, Reza Ayomi, Risman (Asst. Instructor) dan Penulis muncul kepermukaan setelah 58 menit dibawah sana photo by : Thomas Supoyo

Saat “Guratan Jiwa” ini di posting, penulis baru mengantongi 9 log Dive atau 9 kali menyelam dan masih ingin diving terus karena dibawah sana terlalu indah untuk di sia-siakan. anda ingin mencoba? Selamat Mencoba

Salam Open Water.

Nur Alam MN

2 responses to “Mengetahui sisi lain ruang kehidupan [Pangalaman Penyelam Pemula]

Silahkan tinggalkan komentarnya... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s