Promosikan Raja Ampat Lewat Festival dan Travel Mart

Raja Ampat terkenal dengan pesona keindahan laut yang dimilikinya. Gugusan pulau dengan berbagai macam flora dan fauna laut menjadikan Raja Ampat surga bagi pecinta wisata bahari dunia. Demi lebih mempromosikan wisata bahari yang dimilikinya Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) dan pemda Raja Ampat menggelar Festival & Travel Mart Raja Ampat, guna dikenal dunia internasional. Event ini akan digelar 20-23 Oktober 2011 di Pantai Wisata Waisai Raja Ampat.

Kepala Bidang Destinasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Raja Ampat Niko Ramadei menerangkan bahwa Festival & Travel Mart Raja Ampat tahun ini merupakan penyelenggaraan yang kedua. Perhelatan ini sendiri menjadi program utama pemerintah Kabupaten Raja Ampat dalam rangka mempromosikan potensi wisata bahari, wisata alam, dan budaya Raja Ampat kepada wisatawan mancanegara maupun Nusantara.

Selama festival berlangsung, serangkaian kegiatan akan digelar, antara lain pentas seni dan budaya, lomba foto pemandangan, lomba foto underwater, pameran, seminar tentang selam, serta pelatihan masak seafood ethnic Papua.

“Selama ini, yang terkenal dari Raja Ampat adalah keindahan bawah lautnya. Jadi yang sering orang cari apabila datang ke Raja Ampat adalah melakukan diving dan snorkling Para pengunjung festival memang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti post tour itu, anda disarankan juga melakukan jelajah kampung, tracking, dan bird watching seperti mendengarkan merdunya kicauan burung cendrawasih merah di pinggir jalan di alam bebas,” ujar Niko di Jakarta, Senin (26/9).

Festival & Travel Mart Raja Ampat juga akan menampilkan atraksi budaya masyarakat Raja Ampat. Dua atraksi yang tersohor adalah kemahiran menggunakan perahu tradisional yang digunakan nenek moyang dalam mengarungi lautan dan kebiasaan masyarakat setempat dalam mengkonsumsi buah mangrove. Wisata tracking, dan bird watching akan lebih dipromosikan di masa mendatang.

Raja Ampat, Surga kecil jatuh ke bumi. Photo by: Nur Alam MN

Sekdirjen Promosi Pariwisata Kemenbudpar Fathur Bahri mengungkapkan, bahwa banyak kalangan dunia internasional yang mengakui keindahan alam Raja Ampat. Festival ini diharapkan mampu menjadi media promosi yang baik.

“Diharapkan, penyelanggaraan Festival & Travel Mart Raja Ampat dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara ke Indonesia, khususnya Provinsi Papua,” jelas dia.

Sumber : Suara Pembaruan

One response to “Promosikan Raja Ampat Lewat Festival dan Travel Mart

Silahkan tinggalkan komentarnya... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s