Aku belajar dari mu, dan aku menuliskannya…

Alkisah ada dua orang muda-mudi yang sedang berpacaran, mereka sudah berpacaran lebih dari Empat tahun. ini pasangan luar biasa yang sedang berpacaran. betapa tidak, selama lebih dari empat tahun ini sang cowok dengan setia selalu menemani, membantu, melindungi, serta menyayangi si cewe pacarnya yang seorang tuna netra.

Kebutaan sejak lahir sudah menimpa si cewe, tapi kondisi tersebut tidak menjadi masalah bagi si cowo karena kekurangan secara fisik tidak menjadi suatu persoalan yang besar dari si cowo yang kelihatannya memang setia terhadap pacarnya yang buta. dan ini terbukti selama empat tahun mereka berjalan.

si cewe pernah berjanji kepada si cowo apabila dia bisa melihat dunia ini dia akan segera menikahi si cowo yang selama ini menjadi kekasihnya. mendengar keinginan tersebut,si cowo berusaha mendapatkan keinginan kekasihnya…pendek kata si cewe mendapatkan donor mata..

Setelah bisa melihat dengan jelas karena sudah mempunyai mata yang baru di donorkan, si cewe bahagia luar biasa karena bisa melihat keindahan Alam ini. si cowo mendatanginya dengan berusaha mengenali daerah sekitar yang tidak bisa dilihatnya lagi dan bertanya kepada si cewe… “Aku senang kalau kamu bahagia, jadi kapan kita bisa menikah?” kata si cowo… si cewe sepertinya kurang nyaman dengan apa yang dia saksikan. ada seorang buta yang ingin mengajaknya menikah..si cewe berfikir ini akan menjadi masalah berkepanjangan apabila dia menikah dengan cowonya yang ternyata seorang yang buta. akhirnya dia menolak untuk menikah.

Mempunyai perasaan bagaikan langit runtuh menimpa, setelah mengetahui bahwa sang pujaan hati menolak menikah karena dirinya adalah seorang buta, si cowok pergi meninggalkan sang kekasih jauh2 dan meninggalkan sepucuk surat kepada si cewe melalui saudaranya yang isinya kira-kira seperti ini…

“Wahai kekasihku yang terkasih..
saat aku berada dalam kegelapan, aku berharap biarlah ini terjadi, karena sudah cukup terang bagiku dan ingin merasakan gelap yang engkau rasakan selama ini…

Saat aku harus memejamkan mata, sering aku berharap agar mata janganlah terbuka lagi karena aq ingin melihatmu sebagaimana caramu melihatku, tanpa mata tapi dengan hati…

Kini disaat mataku terpejam untuk selamanya didalam kegelapan, kau enggan melihatku dengan hatimu…
Kini disaat kau tidak mempedulikanku lagi aku segera menyadari bahwa aku harus pergi…

ini bukan karena sesuatu bukan pula karena seseorang, melainkan hatimu yang tidak menerimaku lagi..
satu pesanku untukmu… Rawatlah mata mu sekarang dengan hatimu…, karena sebelum mata itu menjadi milikmu, mereka adalah miliku..

Salam..”

Apa yang terjadi dengan si cewek? entahlah saya sendiri sudah tidak bisa melihat dan sudah pergi darinya… silahkan teman2 sekalian yang mnceritakan kesaya kalau sempat ketemu dengan cewek itu yah.hehehe…

Kisah diatas mungkin hanyalah sebuh cerita Fiksi belaka yang mungkin saja tidak pernah terjadi, tetapi sifat dari cewe dalam cerita itu bisa saja ada di antara kita. Sifat si cewe yang di gambarkan dalam cerita di atas mungkin terlalu ekstrim tapi mungkin saja ada.

Inti dari cerita diatas adalah bahwa “Setiap manusia mempunyai kecenderungan untuk berubah” yang dilihat dari kacamata Psikologi yang merupakan ilmu perilaku dan proses mental. Pada tahun 1890 Sigmund Freud mengembangkan psikoanalisis, sebuah metode penelitian pikiran dan cara orang berpikir. Ini adalah satu set teori sistematis tentang perilaku manusia. Teori psikoanalitik ini dikritik oleh para psikolog karena orang cenderung atau terkondisi oleh lingkungan mereka untuk berperilaku dengan cara tertentu.

Dan menurutku memang manusia harus berubah karena jaman juga berubah. tinggal dalam konteks apa kita melakukan perubahan, positif atau negatif, baik atau buruk bla..bla..bla..dst

sebuah inspirasi dari seorang teman yang selalu membuatku belajar. dan melalui postingan ini ingin ku sampaikan kepadanya.. Aku Belajar darimu, dan Aku menuliskannya..[]

Salam,

Nur Alam MN

4 responses to “Aku belajar dari mu, dan aku menuliskannya…

  1. wah.. bro, ide menulis mu bagus..🙂
    maukasih saran dikit boleh Bro? tap ini IMHO loh..
    antara teori S. Frued dengan cerita menurut ku ga nyambung loh bro.. soalnya klo sepenangkapan ku sih, cerita itu masalah “niat baik” nya si cewe yang kurang ajar tapi klo S. Frued mengenai evolusi prilaku..
    begitu bro..🙂
    salam,
    enda

    • Maksih masukannya..😉

      memang agak nggak nyambung, teori yang sy sampaikan di potingan ini adalah dengan cerita si cewe’..

      teori itu saya pernah dapatkan dari teman sharing soal, dan ide ceritanya ke muda-mudi di atas yang ternyata berubah setelah dia sudah “berubah” dalam arti setelah mendapatkan pengelihatan dia tidak menepati janjinya.

      sedangkan teori s.freud tentang cara berfikir seseorang yang mempengaruhi perilaku. apa yang di lakukan oleh si cewek yang menolak untuk menikahi orang buta setelah dia sudah menikah menurutku merupakan Perilaku si cewek. yang semua bermuara dari pikirannya dia tentunya😀

      dan kalau sy manu sambung-sambungin dengan cerita temanku yang membuatku banyak belajar (yang saya sampaikan di postingan ini) bahwa “manusia cenderung berubah” dia mengatakan “cenderung” karena bisa ada orang yang seperti cewek itu, dan bisa saja tidak ada.

      masalah perilaku kalu kita mau sistematiskan kira2 sederhanya adalah, seseorang mendapatkan informasi, kemudian proses kognitif bekerja di ranah pikirannya untuk menganalisa informasi yang diterimanya, alternatif pemilihan perilaku, perilaku. dan dari perilaku seseorang inilah yang menentukan dia konsisten dengan apa yang dia katakan atau tidak. dan apakah perilaku ini tentunya akan menjadi satu “persepsi” bagi orang lain yang menerimanya (si cowok) persepsi dari cerita di atas adalah si cewek berubah disaat berubah itulah hipotesa dari s.freud di benarkan. (imho juga :D).

      sekali lagi terima kasih pelajaran barunya mba enda…

      salam,

      mn

Silahkan tinggalkan komentarnya... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s