Sensasi Kamera Hand Phone

That Evening, Using HTC Sense By: Nur Alam MN

That Evening, Using HTC Sense By: Nur Alam MN

Iseng-iseng saya membuka galerry foto dari HandPhone HTC Sensation yang beberapa bulan terakhir sudah jarang saya gunakan. satu persatu foto yang ada disana saya perhatikan, walaupun mereka sudah lama ada di gallery itu tetapi semuanya serasa baru saja saya buat.

Kegiatan memotret bagi saya tidak selalunya menggunakan kamera Digital SLR . dengan kamera HP ternyata tidak kalah menariknya. asalkan kita memahami bagai mana sebuah foto itu mau di buat.

Sebagaimana kita ketahui kamera adalah sebuah media yang dapat merekam suatu objek yang ingin kita abadikan atau didokumentasikan menjadi sebuah Image entah itu berupa foto Narsis diri sendiri, foto keluarga, kegiatan bersama, Alam, satwa dan sebagainya. cuman satu hal yang perlu di pahami bahwa untuk kegiatan fotografi, kita memulai untuk merekam image pada bidang yang sudah mempunyai isi dan bentuk. tinggal tugasnya kita mengeluarkan mana yang tidak perlu masuk ke dalam frame dan memasukan hal yang menjadi essensi dari sebuah foto yang ingin di ciptakan. nah sampai disini kita tidak menyinggung kamera yang akan di gunakan itu SLR atau, Pocket, atau hanya sekedar kamera handphone.

Melihat foto-foto yang ada di HP ini mengingatkan saya pada beberapa orang teman yang baru mau memulai hoby fotografi atau yang mulai keracunan motret- motret pada saat lalu bertanya kepada saya. pertanyaan yang paling umum yang saya dapatkan adalah. Kamera apa yang bagus untuk membuat satu foto? Atau bagaimana membuat foto bagus?

Fenomena ini kerap terjadi di sekitar kita. saya bukan seorang fotografer profesional yang, yang memahami banyk tentang teknis kamera dengan segala macam kelebihan dan kekurangannya. atau pun seorang pengamat fotografi ulung yang dapat mengkritisi foto (perfoto) seseorang yang sudah jadi. tetapi ingin saya tekankan khususnya kepada teman saya yang bertanya hal diatas, juga kepada diri saya sendiri adalah pentingnya memahami bahwa tidak melulu alat menjadi sesuatu faktor utama dari keseluruhan faktor yang dapat mempengaruhi terciptanya sebuah karya seni khususnya fotografi.

Saya pernah bangga dengan kamera dengan seri 1 digit fullframe yang banyak di gandrungi orang yang kebetulan menyukai merek kamera yang sama dengan saya apa lagi untuk harga, kamera tersebut recomende dengan harga terjangkau tentunya untuk fotmat full frame. tapi sampai sekarang saya merasa belum mampu membuat foto bagus yang dapat mewakili perasaan semua orang di luar saya apa lagi untuk memuaskan mereka, dan juga saya tidak pernah berani (kecuali untuk bahan candaan sesama teman) untuk mengklaim bahwa kamera saya adalah yang paling bagus untuk merekam sebuah foto. disini ada kesadaran pribadi bahwa tidak ada relevansinya kalau suatu kamera itu bagus pasti hasilnya juga bagus. malah saya pernah terheran-heran melihat hasil foto seorang anak perempuan bali yang terus terang bagi mata saya foto itu tidak ada makna apa2 tapi ternyata foto dari anak tersebut pernah memenangi lomba foto di negeri Belanda sana. dan itu dia buat dengan kamera pinjaman. nah lo…

Disini saya juga tidak menutup mata bahwa uttuk menghasilkan karya fotografi dengan tehnik tertentu kerap membutuhkan alat yang mampu mendukung kebutuhan dari tehnik tertentu. misalnya seseorang ingin membuat suatu karya foto yang hasilnya nanti akan di cetak sebesar lapangan gelora bung karno. ini di pastikan tidak bisa pake kamera handphone punya saya. tapi hal tersebut bukan essensi dari fotografi yang saya maksudkan di atas tetapi kebutuhan teknis untuk mendukung keperluan tertentu. Contohnya mungkin untuk keperluan untuk Marketing. kalau itu yah Marketing sendiri mempunyai urusan sendiri yang menggunakan fotografi untuk mendukungnya.

Segala macam jawaban dari pertanyaan “Apa essensi dari fotografi” bagi seseorang akan mendukung pemikiran-pemikiran selanjutnya oleh orang tersebut tentang fotografi nantinya. bisa untuk cari duit, bisa untuk hobby, bisa untuk senang-senang. semua hal ini wajar. silahkan saja nanti masing-masing dari kita yang akan mempertanggung jawabkan setiap ide dasar yang kita pakai kedalam Karya foto masing-masing.

Jawaban yang akan saya berikan kepada teman saya yang bertanya “Coba di Pahami IDE DASAR dari fotografi itu sendiri” kalau menurut saya pribadi ide dasar dari fotografi itu adalah KOMUNIKASI VISUAL. jadi kalau pertanyaannya Bagaimana membuat foto yang bagus? Jawaban saya “Anda Mau membuat Foto Apa? dan kamera apa yang bagus untuk membuat foto?” saya akan jawab “Terserah Anda, kebetulan saya pake kamera HandPhone yang punya sensasi[]

Salam,

Nur Alam MN

——————-

Berikut beberapa Foto saya menggunakan kamera HandPhone HTC Sensation. Semua foto ini saya beri tema “Sensasi Garis”

Old Building, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

Old Building, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

Line Roof, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

Line Roof, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

Line Curtain, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

Line Curtain, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

Stay in line, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

Stay in line, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

line cage, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

line cage, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

Hang the line, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

Hang the line, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

See the line?, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

See the line?, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

Cross Line, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

Cross Line, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

Cyrcle Line, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

Cyrcle Line, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

Line Set, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

Line Set, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

Colour Line, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

Colour Line, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

Flat Line, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

Flat Line, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

Hi-Line, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

Hi-Line, Using HTC Sense By : Nur Alam MN

/ _ / , Using HTC Sense By : Nur Alam MN

/ _ / , Using HTC Sense By : Nur Alam MN

3 responses to “Sensasi Kamera Hand Phone

  1. Pingback: Wednesday Photo Challenge | Nur Alam MN·

Silahkan tinggalkan komentarnya... :)

