Diving di Pulau Ay, Banda Neira

Dive BW

Sekarang saya mau share yah pengalaman dive di banda, beberapa saat lalu saat ke banda untuk beberapa keperluan, ada satu hari dimana sy punya waktu kosong dan saya berfikir kenapa tidak di pergunakan untuk diving lumayankan bisa dive di kepulauan yang katanya lautnya terkenal dengan kedalamannya dan mempunyai visibility terbaik.

Sejak tiba di banda saya langsung bertanya kepada pak Bahri pemilik Hotel Delfika tempat saya menginap tentang Dive Operator yang ada di Banda Neira ini. pak Bahri menjelaskan kalau disana itu ada 2 Operator yang menyediakan jasa yang di maksud yaitu Delfika DC dan Blue motion DC.

Delfika DC itu terletak di Hotel Delfika 2 yang di kelola oleh saudaranya pak Bahri sendiri letaknya lebih dekat dengan laut dari pada Hotel Delfika yang saya tinggal. tapi, menurut pak Bahri DC yang disitu agak susah, saya tanya “susahnya gimana pak?” kata pak Bahri “Kadang kita sudah janjian untuk Diving, pas Hari H Guidenya ga datang ga tau kemana” nah lo.. masa’ saya harus dive sendiri kan ga mungkin secara salah Satu Rule Dive itu “Never Dive Alone” ciee ada yang mau ketawa nih saya pake bahasa linggis😛

Sedangkan Bluemotion ada di Hotel Maulana persis di samping kiri (atau kanan yah?) dari Pelabuhan Banda. Pemilik Hotel ini adalah Budayawan Indonesia Asal banda neira, pak Des Alwi sedangkan DC tersebut milik Sepasang Suami Istri warga negara Jerman, Tuta dan Maricke mereka sangat baik dan ramah.

Maulana Hotel

Maulana Hotel, Lokasi Blue Motion DC

Pak Bahri mengantarkan saya ke DC tersebut untuk nanya2 soal paket Divenya mereka, jarak antara Hotel Delfika dan DC Bluemotion tidak jauh yah di Neira ini semuanya dekat karena memang pulaunya kecil.

Diverss

tiba di Bluemotion DC saya langsung bertanya menyapa mereka orang2 jerman yang ada di sama, “Hallow selamat malam…” dan mereka menjawab serentak “Selamat malam…” , “ada yang bisa di bantu” sambung salah seorang dari mereka yang belakangan saya tau dialah Tuta pemilik DC.yang ternyata fasih menggunakan Bahasa begitu juga dengan istrinya Maricke dan sepertinya saya tidak harus repot2 menggunakan bahasa inggris saya yang sungguh belepotan sama mereka secara Banda Itu kan Indonesia toh jadi memang mereka harus bisa Bahasa heheh. Beda saat saya Dive dengan Manta Dive DC di Gili trawangan Januari lalu, mereka semua gak bisa Bahasa hedeh bikin susah aja (untungnya kalau udah di dalam laut udah ga perlku ngomong lagi kan?) wkwkwkwkw…

Bluemotion DC

Mereka langsung menjelaskan soal paket Dive mereka, lumayan, Sekali Dive 450rb, 2-5 Dive 400rb, 5-10 dive jadi 300rb.. semakin banyak semakin murah. harga tersebut sudah termasuk makan minum dari mereka tapi belum termasuk dive gear. saya tidak bisa dive banyak2 selain dana yang minim (maklum backpacker) tidak punya banyak waktu untuk Dive juga hehe..kayak orang paling sibuk aja se Banda…

Divers

Akhirnya saya putuskan untuk 2 kali Dive. barengan dengan beberapa tamu dari Jerman ada beberapa pasang suami istri. asik yah jalan jauh sama istri ke negri antah berantah, diving bareng pula… oh iya. saya pernah lihat buku “Guest In The House” nya Hotel Delfika dan punya Bluemotion DC, tamu yang datang kesana rata2 orang Eropa jarang2 ada orang Australi yang katanya paling banyak di Bali sana. ada satu tamu Australi yang saya lihat di buku itu terakhir yang masuk Oktober 2012 yang namanya tidak asing lagi untuk saya karena orang itulah yang meminta saya ke banda tahun ini yang sebenarnya harusnya saya datang oktober 2012 itu bareng dia..

Pulau Ay Saat Sunset

Pulau Ay saat sunset

Kita Divenya di Pulau Ay terletak kurang lebih 10 Kilo meter sebelah barat pulau banda neira. spotnya di Ay reef dan di Shark Point. lokasi kedua ini katanya sering muncul Hiunya cuman sayang waktu saya dive disana ga ada Hiu yang keluar. next time lah kita cari lagi hiunya…

Ay Reef

Reef di bawah Pulau Ay

banda memang mantab wallnya cantik dan terumbu karangnya segar bugar, visibilitynya top bisa sampai 40meter+, Ini tentunya adalah keinginan banyak diver untuk menyelam pada kondisi air yang jernih tidak terlalu banyak partikel yang mengganggu apalagi untuk yang suka under water photograph.

Soft Coral

Laut banda mempunyai visibility terbaik untuk Diving

yang menemami group selam di pulau Ay ada dua Dive Guide, Thomas dan Seth. Thomas orang jerman menemani tamu2 yang dari jerman dan Seth satu2nya Dive Guide di BlueMotion yg Orang Indonesia asal Jakarta yang menemani saya. Seth sudah bekerja di Banda selama 3 Bulan. Kalau tidak salah kontrak dia berakhir di Blue Motion sampai Akhir Mei. dan sampai postingan ini saya buat Seth sekarang sudah di ada di salah satu Dive Resort di Kepulauan Wakatobi (Wangi-wangi) begitulah info yang saya terima di emailnya terakhir. Selamat buat seth yang Mau bekerja di seluruh Spot Dive terbaik di indonesia. Raja Ampat menanti mu kawan..🙂

Seth Dan Thomas

Seth dan Thomas

Seth

Seth, Dive Guide di Blue Motion Dive Centre

walaupun hanya dua kali dive di banda, sensasinya masih terasa sampai sekarang (lebayy….) masih banyak spot yang belum di explore disana, ada pulau karaka, pulau hatta, pulau syahrir, volcano, pulau nailaka, pulau rhun semuanya menawarkan ke indahan bawah laut kelas dunia. Ayo Dive di Banda Neira[]

Its me

Sekali lagi, Narsis itu perlu😀

Salam,

Nur Alam Mn

Lihat Video :

Lihat Peta :

6 responses to “Diving di Pulau Ay, Banda Neira

  1. Waaah, keren tuh di Ai, Mas. Sayang waktu ke sana saya nggak sempat dive di Ai, karena teman2 dive ke Ai waktu saya jalan2 ke Lonthoir, hehehe.. Salam untuk MIcha & Tuta..

    • hehe ga kepikiran eh sharing harga makan, puasa terus disana haha.. kalau di Delfika harga kamarnya Rp.150rb/hari include Breakfast nasi kuning (enak nasinya) kalau makan siang malam juga di sediain harganya variatif tergantung makanannya bro.. suka makan apa? 😛

Silahkan tinggalkan komentarnya... :)

