Buka Puasa Bersama LOOR -Komunitas Fotografi Jayapura- dengan para santri Ponpes Al-Payage Angkasa Jayapura.

 

19.jpg

Foto bersama LOOR Komunitas Fotografi Jayapura dengan para santri dan pengurus Pondok Pesantren Al-Payage Angkasa Jayapura

 

Nama aslinya Elimus Payage. Pria kelahiran Papua 4 April 1979 ini lahir dari keluarga pendeta di Papua yang bernama Simon Payage

Kegiatan Buka Puasa Bersama atau yang lebih di kenal dengan istilah “Bukber” merupakan kegiatan rutin yang sering dilakukan oleh banyak Individu atau kelompok (komunitas dsb.) pada Bulan Ramadhan dimanapun kita berada. Kegiatan ini lebih sering dilakukan di Masjid dan Musolah. Namun belakangan ini sudah berkembang ke tempat2 yang lebih praktis yang sudah menyediakan hidangan berbuka puasa seperti takjil dan makanan berat seperti di cafe2 dan restaurant.

Kegiatan seperti ini sangatlah positif apabila niatnya memang ingin berbagi dengan sesama terutama kepada mereka yang berpuasa. Belum lama ini, LOOR Komunitas Fotografi Jayapura, Juga melalukan kegiatan buka puasa bersama dengan Para santri dan pengurus Pondok Pesantren Al- Payage Angkasa Jayapura.

Kegiatan social semacam ini merupakan kegiatan rutin Komunitas Fotografi yang sudah 8 tahun ada di Jayapura. Bukan hanya di bulan Puasa tetapi juga di waktu-waktu tertentu yang sudah di agendakan oleh pengurus dan diikuti oleh seluruh member nya baik yang aktif maupun simpatisan komunitas.

“Assalamualaikum Wr, Wb… selamat datang kembali di Pondok Kami bang Alam dan teman-teman” sapa Ustadz Ahmad Ansori Ketua Pengurus Ponpes Al – Payage yang sudah menunggu kami hari itu Kamis, 23 Juni 2016. Memang beberapa hari sebelumnya saya sudah pernah datang ke ponpes ini untuk membuat janji dengan pihak pesantren untuk menyampaikan maksud dan tujuan komunitas kami. Sayangnya pada saat kedatangan kami, Pendiri sekaligus pengasuh Pondok Pesantren ini sedang tidak berada di tempat, tapi tidak masalah yang penting kami bisa berinteraksi langsung dengan adik adik santri disini.

Tentang Pondok Pesantren Al – Payage Angkasa Jayapura.

99

Bangunan pesantren tampak dari depan

 

Adalah, KH Saiful Islam Al Payage, Pendiri dan Pengasuh Ponpes Al-Payage yang juga Ketua MUI Papua. Nama aslinya Elimus Payage. Pria kelahiran Papua 4 April 1979 ini lahir dari keluarga pendeta di Papua yang bernama Simon Payage. Tak banyak yang tahu jika masa kecilnya dihabiskan di Desa Silimo Yahukimo. Beliau mulai bersekolah di SD Inpres Silimo Yahokimo Papua, lalu melanjutkan ke SMP YPPK Wamena pada tahun 1991. Menginjak remaja, Payage muda melanjutkan sekolah ke SMU Ibrahimy Situbondo Jawa Timur. Di kota inilah ia lalu melanjutkan kuliahnya di Institut Agama Islam Ibrahimy Situbondo Jawa Timur.

KH-Saiful-Islam-Al-Payage-Pendiri-Ponpes-Al-Payage-Papua

KH Saiful Islam Al Payage, Pendiri Ponpes Al-Payage Foto: Google

Mendirikan sebuah Pesantren adalah cita cita beliau sejak dulu. Bagi beliau pesantren adalah sumber pengembangan ilmu Islam dan dakwah Islam. Paling tidak di Papua ada pesantren yang pertama kali didirikan oleh putra daerah asli rakyat Papua yang Muslim. Kini, cita cita beliau telah tercapai dengan berdirinya Pondok Pesantren Al Payage yang sederhana ini. Melalui Ponpes yang beliau dirikan tersebut, beliau ingin merealisasikan program pendidikan terpadu dan berkesinambungan serta berkelanjutan.

10.jpg

Selamat Datang

Ponpes ini Berdiri pada Bulan Mei 2015 berlokasi di Jalan Angkasa Pasir Dua, Kelurahan Angkasapura, RT005/ RW 002, Distrik Jayapura Utara, Papua. Luas pesantren kurang lebih 1 hektar beserta luas bangunan. Keseluruhan bangunan memiliki gedung permanen 2 lantai. Lantai pertama merupakan aula, kantor dan ruang Pengasuh Pesantren. Lantai 2 yang masih menggunakan papan-papan digunakan untuk ruang belajar mengajar serta sebagai ruang istrirahat bagi para Santri.

Sejak berdiri sampai kami Komunitas LOOR berkunjung, sudah ada 12 santri yang di didik di pondok ini yang semuanya merupakan anak-anak asli Pegunungan tengah Papua dan mereka semua bebas dari biaya pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA sampai ke perguruan tinggi.

13.jpg

Aktifitas para santri di luar jam belajar

Pada bulan Ramadhan seperti sekarang, banyak yang datang berkunjung kepondok pesantren ini dan juga tidak sedikit yang mengajak atau mengundang mereka untuk menghadiri acara buka puasa bersama suatu kebanggaan bagi mereka.

15.jpg

Senyuman hangat yang akan selalu menyambut mereka yang datang berkunjung ke pondok mereka

 

Hunting Bareng Yang Mengesankan

9.jpg

Setelah bertemu dan ngobrol dengan pengurus pondok, kami minta ijin untuk mengajak para santri hunting foto bareng. Memang kami sengaja datang lebih awal agar anggota komunitas punya kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan para santri selain untuk membuat beberapa foto sembari menjadikan mereka objek foto, juga bisa lebih dekat mengenal mereka  dan tidak lupa juga kami bertukar pengetahuan fotografi kepada pengurus pesantren yang juga punya kamera SLR tapi jarang digunakan.

 

Sesi hunting foto bersama para santri ini di buat beberapa kelompok untuk mempermudah pengambilan gambar, ada yang di bawah pohon, ada yang di bawah pohon, dan ada yang di bawah pohon… heheh.. ternyata dibawah pohon menjadi spot yang sangat menarik untuk membuat foto. Karena banyak pepohonan rindang disana

12.jpg

Mereka para santri kami minta melakukan apa yang biasa mereka lakukan. Yaitu membaca Alqur-an di sekitar pondok. Jangan salah saudara. ternyata, bacaan Al-Quran mereka sangat baik sekali… Luar Biasa. Disaat mereka membaca Al-quran itulah kami memotret. Terlihat mereka sangat senang sekali ada yang datang mengunjungi mereka dan ada hal baru yang mereka dapat. Difoto banyak orang pada waktu bersamaan. Menurut Ustadz Ansory, ini adalah pengalaman pertama bagi mereka di pondok didatangi komunitas Fotografi dan beliau sendiri merasa bangga dan senang sekali santrinya bisa diajak bersosialisasi dengan hal-hal baru seperti ini.

14.jpg

Bagi kami, hunting foto bersama adalah hal yang biasa karena sudah menjadi rutinitas dari komunitas, tetapi hunting foto sambil mendengarkan ayat Al-quran yang di bacakan langsung oleh Santri cilik Muslim Asli Papua merupakan hal yang sangat langka dan menjadi pengalaman mengesankan bagi kami semua. Sungguh indah “Warna” yang sedang kami saksikan di Pondok Pesantren pertama yang didirikan oleh Warga Asli Papua ini

 

Berbuka Puasa Bersama dan Medengarkan Syair Salawat

16.jpg

Pada saat waktu sudah menunjukan Pukul 17.00WIT, kami menghentikan kegiatan Hunting bareng dan segera bersiap untuk Buka puasa bersama di pondok. Beberapa pengurus dan sebagian anggota LOOR sudah menyediakan Takjil berbuka Puasa. Sebelum tiba waktu berbuka kami semua berkumpul membaur bersama santri, pengurus sambil mendengar sepatah kata dari para pengurus yang sekali lagi mereka mengungkapkan perasaan senang mereka dan kami juga senang diberi kesempatan bisa berbuka puasa dengan mereka.

17.jpg

Buka puasa kami lakukan sekitar 7 menit dan di lanjutkan dengan Shalat Magrib berjamaah. Dan disaat kami sedang menjalankan Sholat magrib, anggota LOOR lainnya yang tidak Shalat, mereka menyiapkan makan malam untuk kita semua (Respect).

20.jpg

Setelah Shalat Magrib, para santri meminta kami untuk mau menyaksikan mereka menampilkan Syair-syair Shalawat dengan menggunakan Alat musik sederhana yang mereka miliki. Secara pribadi saya sangat senang melihat mereka semua sangat hafal dengan Syair-syair Salawat  yang di bawakan antara lain syair qasidah Ahmad Ya Habibi, Ya Rabbibil Musthofa, Khoirol Bariyah, dan juga Asmaul Husna. Setelah itu kami makan malam bersama dan kami pun berpamitan dengan mereka tidak lupa bersalam salaman.

18.jpg

Kami didalam berkomunitas tentunya ada negative dan ada positifnya, jadi dengan cara seperti ini, kita berusaha untuk terus meningkatkan nilai-nilai positif dan tetap menjalin silaturahmi dengan pihak luar komunitas. Diharapkan, tali silaturahmi yang sudah kita jalin ini bisa terus berlanjut dan terus saling berbagi bersama mereka. indahnya Berbagi[]

Salam,

Nur Alam MN


Gallery :

1.jpg

 

2.jpg

 

3.jpg

 

4.jpg

 

5.jpg

 

6.jpg

 

7.jpg

 

111.jpg

 

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa…

Silahkan tinggalkan komentarnya... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s